Kamis, 15 Juni 2017

Pesona Masjid Kuno Hingga Masjid Modern di Pulau Lombok

Tugu Giri Menang Lombok Barat (dokumentasi pribadi)

      "Selamat datang di Lombok, pulau seribu masjid." Tugu Giri Menang dengan bentuk masjid seolah memberikan sambutan bagi siapapun yang datang ke Pulau Lombok. Pulau Lombok kini menjadi sorotan bagi wisatawan nasional bahkan wisatawan dunia setelah menyabet gelar world best halal destinasion dan world best halal honeymoon destination pada tahun 2015 yang lalu. "Koq bisa Lombok terpilih dalam ajang bergengsi kelas internasional tersebut?" Ada banyak benak yang bertanya dan seolah tak percaya karena saat itu Pulau Lombok menyingkirkan destinasi lainnya yang jauh lebih populer seperti Malaysia, Thailand, dan Turki. Saya masih mengingat bagaimana gegap gembita masyarakat Lombok setelah menyabet kedua gelar bergengsi tersebut.  Dua gelar bergengsi tersebut menjadi titik awal melonjaknya kunjungan wisatawan ke Pulau Lombok.

Ilya muslimah backpacker asal Malaysia di Masjid Kampung Sade
(dokumentasi pribadi)

       Pesona 1000 masjid yang ada di Pulau Lombok menegaskan betapa layaknya Lombok menjadi destinasi wisata halal dunia. Sebenarnya, jumlah masjid di Pulau Lombok lebih dari seribu karena hampir setiap kampung memiliki masjid. Berdasarkan data BPS Provinsi NTB pada tahun 2014, jumlah masjid di Pulau Lombok sebanyak 3.822 masjid. Persebaran lokasi masjid di Pulau Lombok paling banyak di Lombok Tengah yaitu 1460 masjid, di Lombok Timur terdapat 1345 masjid, di Lombok Barat terdapat 659 masjid, di Lombok Utara 232 masjid, dan paling sedikit di Kota Mataram yaitu 126 masjid. Angka tersebut sudah pasti meningkat di tahun 2017 ini karena setiap kampung di Pulau Lombok seolah-olah berlomba dalam membangun masjid. Masjid-masjid yang ada di Pulau Lombok sebagian besar dibangun dengan swadaya masyarakat, hanya beberapa masjid saja yang pembangunannya melibatkan andil pemerintah seperti masjid-masjid agung di setiap kabupaten.

       Pulau Lombok menjadi destinasi yang sangat tepat bagi anda untuk menikmati wisata religi terutama di bulan ramadan seperti saat ini. Suara lantunan azan yang saling bersahutan dari setiap menara masjid menjadi warna tersendiri dalam menambah kesyahduan pesona ramadhan di Pulau Lombok. Saat malam hari, masyarakat akan menghiasi kehusyukan ibadah anda dengan suara tadarusan. Lantunan ayat-ayat suci akan menemani anda hingga terlelap. Tak perlu khawatir akan terlambat bangun makan sahur karena marbot setiap masjid akan membangunkan anda mulai jam 3 hingga waktu imsak tiba melalui speaker masjid. Pada siang hari anda bisa melakukan wisata religi dengan mengunjungi masjid-masjid yang ada di Pulau Lombok. Berikut saya akan menuliskan 5 wisata masjid yang paling menarik untuk anda kunjungi jika berlibur ke Pulau Lombok.

1. Masjid Kuno Gunung Pujut


Masjid kuno Gunung Pujut (dokumentasi pribadi)
         Masjid Kuno Gunung Pujut cukup unik dibandingkan masjid lainnya di Pulau Lombok karena terletak di puncak gunung. Gunung Pujut sebenarnya lebih layak disebut bukit karena gunung ini tidak terlalu tinggi. Untuk mencapai Masjid Kuno Gunung Pujut kita harus menaiki ratusan anak tangga dan cukup melelahkan. Saya sering berkunjung ke Masjid Kuno Gunung Pujut bersama keluarga. Karena pemegang kunci masjid masih ada hubungan kekerabatan dengan keluarga saya maka dengan mudah kami meminjam kunci agar bisa masuk ke dalam masjid. Masjid ini sudah tidak dipakai, akan tetapi terkadang ayah saya dan keluarga besar mengadakan acara di masjid ini, biasanya selepas hari raya Idul Fitri.

 "Dahulu ketika kecil saya di aqiqah di masjid ini." Ucap papuq Ese  saat kami menaiki satu demi satu anak tangga. Kenangan masa kecil bersama keluarga membuat kaki tuanya yang telah keriput begitu kuat melangkah. Masjid Kuno Gunung Pujut di bangun oleh salah satu raja Pujut yang bernama Pangeran Sange Pati pada tahun 1008. Letak masjid di puncak gunung merupakan salah satu strategi agar masyarakat bisa mendengar suara bedug di setiap waktu shalat. 

Bedug di dalam Masjid Kuno Gunung Pujut (dokumentasi pribadi)

    Selain bedug, di dalam masjid juga terdapat mimbar yang terbuat dari kayu sebagai posisi khatib. Secara arsitektur, masjid ini layaknya bangunan masyarakat Pujut zaman dahulu yang terbuat dari pagar bambu dan atap rumput ilalang. Terdapat empat buah tiang penyangga utama dan 28 tiang lain sebagai penyangga pagar bambu. Masjid ini telah mengalami renovasi untuk mengganti pagar banbu dan atap ilalangnya saja. Di luar masjid kuno kini terdapat berugaq yang memiliki enam tiang yang disebut berugaq sekenam. Berugaq tersebut dibangun oleh H.Saleh Ibrahim dan sebenarnya bukan dari bagian masjid sejak awal mula dibangun.


2. Masjid Kuno Rembitan

Masjid Kuno Rembitan (Dokumentasi pribadi)



    "Apakah mbak tidak sedang menstruasi?" Pertanyaan dari juru kunci Masjid Kuno Rembitan tersebut sangat mengejutkan saya. Pertanyaan tersebut bukan tanpa alasan karena aturan di masjid kuno ini tidak membolehkan perempuan yang sedang menstruasi untuk masuk ke dalam lingkungan masjid. Selain itu, wisatawan non muslim juga tidak boleh masuk. Saat saya berkunjung ke masjid ini, ada beberapa wisatawan non muslim yang hanya bisa melihat masjid dari luar pagar.

     Selama ini banyak orang salah mengira bahwa Masjid Kuno Rembitan adalah masjid yang berada di Kampung Adat Sade. Masjid Kuno Rembitan yang sebenarnya terletak di Kampung Rembitan, Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok tengah. Masjid Kuno Rembitan dibangun oleh seorang wali yang bernama Wali Nyatoq sekitar abad ke-16 masehi. Secara arsitektur bangunan masjid ini mirip dengan Masjid Kuno Gunung Pujut yang diangun dengan pagar bambu, atap ilalang, dan lantai tanah. Di dalam masjid juga terdapat sebuah bedug dan mimbar.

      Memasuki masjid ini, saya sangat salut karena masjid ini ternyata masih dipakai untuk kegiatan ibadah sholat lima waktu. Berhubung saat itu waktu ashar telah tiba, saya akhirnya berkesempatan untuk sholat di masjid tersebut. Masjid ini juga masih dipakai dalam peringatan hari besar agama islam seperti maulid Nabi Muhammad saw. 


3. Masjid Kuno Kotaraja ( Masjid Raudlatul Muttaqin)



Gerbang Masjid Kuno Kotaraja (dokumentasi pribadi)
         Saya sering melewati masjid ini saat pulang kampung ke Lombok Timur. Jika saya lihat sekilas dari luar, tidak nampak bahwa masjid ini adalah masjid kuno. Suatu sore saya memilih mampir untuk sholat ashar dan melihat bagian dalam masjid. Betapa takjubnya saya melihat bahwa bagian dalam masjid yang merupakan bangunan masjid yang begitu unik dihiasi ukiran kaligrafi dengan warna keemasan.

    Haji Lalu Irsyad sebagai juru kunci masjid menjelaskan bahwa dahulunya masjid ini terletak di Desa Loyok, akan tetapi karena alasan geografis, setelah 200 tahun di Loyok masjid ini dipindahkan ke Kotaraja pada tahun 1679 masehi sehingga diperkirakan masjid ini telah dibangun sejak abad ke-14. Masjid Kuno Kotaraja dibangun oleh Raden Sute Negare, Raden Lung Negare, dan Raden Mas Odaq. Masjid ini telah mengalami beberapa kali renovasi sehingga bagian masjid yang tetap dipertahankan adalah empat buah tiang penyangga utama, sebuah tumpang pataka, dan sebuah bedug.

Kaligrafi di dalam Masjid Kuno Kotaraja (dokumentasi pribadi)

    Masjid ini masih dipakai untuk ibadah selayaknya masjid lainnya jadi setiap waktu sholat lima waktu dan sholat jum'at masjid ini banyak dikunjungi jama'ah. Di bagian belakang masjid terdapat satu ruangan yang digunakan sebagai tempat pembelajaran Al-qur'an bagi anak-anak. Ada juga makam para pendiri masjid di bagian belakang yang biasa diziarahi jika anda berkunjung ke masjid ini.


4. Masjid Krayon Sembalun


Yanti muslimah traveler asal sukabumi di masjid Al-Mujahidin (dokumentasi pribadi)
Masjid krayon, begitulah orang-orang menyebut Masjid Al-Mujahidin yang terletak di Dusun Bebante, Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur ini. Masjid yang sangat indah dengan design arsitektur yang unik ini mampu menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Sembalun. Saya beberapa kali membawa wisatawan untuk mampir sholat zhuhur di masjid ini. Saat waktu sholat tiba, sang marbot akan mengumandangkan azan yaang diikuti datangnya jama'ah dari sekitar masjid.

Masjid ini sangat cantik saat diabadikan dalam gambar karena keunikan masjid bersanding dengan keindahan pegunungan di Sembalun. Ibu-ibu mengenakan mukena menyapa setiap yang datang dengan ramah. Suasana islami berbalut keindahan alam Sembalun seolah menegaskan betapa gelar world best halal honeymoon destination 2016 sangat pantas untuk wilayah Sembalun.

5. Masjid Hubbul Wathan (Islamic Center Lombok)


Masjid Hubbul Wathan (dokumentasi pribadi)

        Wisata masjid anda di Pulau Lombok tidak akan lengkap jika anda tidak mengunjungi Masjid Hubbul Wathan atau yang lebih dikenal dengan Islamic Center. Masjid ini diresmikan pada tahun 2016 dan pertama kali dipakai sebagai lokasi utama acara MTQ tingkat nasional. Aku masih mengingat bagaimana masyarakat Pulau Lombok tumpah ruah saat menonton acara MTQ. Saya masih mengingat betapa di tahun 2009 rencana pembangunan masjid ini banyak menuai pro dan kontra karena pembangunannya telah merelokasi tiga sekolah. Akan tetapi cita-cita besar Tuan Guru Bajang selaku Gubernur NTB terbukti sudah dengan dijadikannya masjid ini sebagai pusat kegiatan islam di Pulau Lombok.

      Pada bulan ramadhan kali ini pemerintah provinsi NTB bekerjasama denga Republika menggelar acara bertajuk pesona khazanah ramadan. Acara ini mampu menyedot perhatian masyarakat karena dimeriahkan dengan banyak acara seperti pameran replika benda-benda peninggalan zaman Rasulullah, acara bazar, pemilihan da'i cilik, workshop dan talkshow bersama pebisnis muslimah nasional dan penulis, serta acara-acara lainnya.


    Semoga informasi mengenai masjid di Pulau Lombok ini bisa menambah referensi bagi anda yang ingin wisata religi dan menikmati pesona khazanah ramadan di pulau seribu masjid. Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog yang diadakan oleh generasi pesona Indonesia Lombok Sumbawa.

31 komentar

Kereeennn...
Jadi apdet ni list masjid kuno Lombok yg must visit.

memaknai masjid yang tidak hanya ibadah tetapi juga kini menjelma menjadi temapt wisata religi..ditambah dg Lombok yang saat ini menggaungkan konsep wisata halalnya..keren dah sydah mwndatangi beberap masjid kuno di Lombok..semoga bisa mengikuti jejak langkahnya

Baru pernah ke masjid Kuta raja sama sembalun doang, pengen mengunjungi semua masjid kuno yang ada di lombok

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Yuhuuu bunda....biar gak ke Bayan terus...hihihi

Islamic center menjadi icon baru yang menjadikan lombok layak mendapatkan gelar sebagai destinasi wisata halal dunia.

Sebenarnya ada beberapa masjid kuno lagi tapi biar gak kepanjangan lain kali k ema posting lagi...ketahuan kan k ema ni tuaaa suka yg kuno...haha

Hayuk ke masjid kuno 😁😁😁

semoga wisata halal Lombok semakin mendunia dengan adanya IC

Wah baru tahu kalau ada masjid di puncak gunung, jadi pengen kesana. Thanks informasinya

Serem inih.. minder saya 😞

Serem inih.. minder saya 😞

Jadi pengen berwisata religi nih ke masjid kuno yang ada di Lombok, pasti banyak cerita sejarah tentang keberadaan masjid2 kuno tersebut.

emangnya film horor pakai serem...😁😁

Hayuk ke Masjid Gunung Pujut....😊

Wah, banyak juga masjid yg belum saya kunjungi yn padahal dekat2 dan bersejarah

Lombok emang tempat yang ingin sekali saya kunjungi dari kecil, dengan keindahan pesona alam dan keindangan tempat wisata baik religi maupun pesona wisata lainnya.... lombok emang keren lah

Gak salah deh aku mengagendakan pengen ke Lombok. Salah satunya ingin bisa shalat di masjid-masjid Lombok. Semoga disegerakan..

Amin....semoga segera bisa ke Lombok ya...😊😊😊

Menarik sekali, sudah lama saya ingin main ke Lombok. Semoga bisa ada kesempatan tahun depan

Ayo mbak ke Lombok...sekalian ketemu fansnya di Lombok...😘😘😘😘

Potensi obyek wisata lombok sangat kayak untuk di kembangkan dengan berbagai kekhasannya. Moga kedepannya makon banyak wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di lombok ini.

Nama blognya Kaktus Genius, nama yang unik bikin saya penasaran ingin kenal lbh dekat dengan adminnya. Boleh ya mbak?

Ijinxshare ya mbak, yuk budayakan share artikel bermanfaat...

Kalau ke Lombok wajib banget nih mampir ke Mesjid2 yang ada di dalam postingan ini. Thanks info nya ya mbak.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Boleh boleh boleh (ala ipin upin)

arsitekturnya khas sekali ya lombok, beda sama yg di jawa.
boleh tuh dipinjemn kuncinya mba:D